Storage Galaxy S8 Versi Snapdragon Lebih Lambat dari Versi Exynos?

Akhir April kemarin Huawei diterpa isu tak sedap soal “kecurangan” penggunaan jenis storage yang disematkan pada flagship Huawei P10. Pada dasarnya Huawei P10 memiliki storage jenis UFS 2.1. Tapi kenyataannya ada sebagian unit P10 yang masih menggunakan UFS 2.0.

Masalah yang sama kembali terjadi, kali ini menimpa Samsung. Pada paparan spesifikasinya, Galaxy S8 disebutkan menggunakan jenis storage UFS 2.1. Tapi nyatanya ada cukup banyak varian Galaxy S8 dan S8+ dengan CPU Snapdragon 835 yang masih menggunakan UFS 2.0. Sementara varian Exynos menggunakan UFS 2.1.

Informasi ini terkuak setelah ada pengguna yang mengujinya di forum XDA Developers. Sebenarnya jika dibandingkan secara langsung, perbedaan performanya tidak terlalu signifikan. Tapi memang ada selisih kecepatan antara UFS 2.0 dan UFS 2.1.

Lalu mengapa Samsung menggunakan dua jenis storage pada Galaxy S8 dan S8+, terutama pada versi Snapdragon 835? Jawabannya klasik. Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah persediaan storage UFS 2.1 sehingga Samsung terpaksa menggunakan UFS 2.0 di sebagian unit S8 dan S8+.

Storage Galaxy S8 Versi Snapdragon Lebih Lambat dari Versi Exynos? | admin | 4.5