Samsung Garap Exynos 7872 untuk Smartphone Kelas Menengah Terbaru

Chipset kelas atas terbaru Samsung Exynos 8895 terbukti mampu bersaing dengan chipset Snapdragon 835. Kendati demikian, ada satu hal yang menjadi kekurangn dari chipset Exynos, yakni terbatasnya dukungan jaringan.

Namun Samsung kini dikabarkan tengah menyiapkan chipset kelas menengah terbarunya yang bakal mendukung semua band jaringan telekomunikasi di Cina. Chipset tersebut tak lain adalah Samsung Exynos 7872 hexa-core.

Dilansir dari Gizmochina, chipset terbaru ini dibangun menggunakan proses 14nm dan termasuk dalam seri Exynos 7 Octa. Prosesor akan memiliki enam core yang terdiri dari empat core cortex-A53 untuk efisiensi daya dan dua core cortex-A73 untuk kinerja. Untuk GPU-nya, chipset ini memiliki Mali-T830 MP2. Dengan konfigurasi tersebut, kemungkinan chipset ini hadir untuk bersaing dengan chipset Snapdragon seri 65x.

Kabar mengenai Exynos 7872 menyebutkan bahwa chipset ini menawarkan peningkatan kinerja sebesar 70 persen dan penghematan konsumsi daya sebesar 30 persen dibandingkan chip 28nm terdahulu. Chipset Samsung seri Exynos 7 ini biasanya digunakan di smartphone seri Galaxy A dan Exynos 7872 kemungkinan akan digunakan pada smartphone seri Galaxy A terbaru. Tidak menutup kemungkinan juga bakal digunakan pada seri Galaxy C.

Samsung Garap Exynos 7872 untuk Smartphone Kelas Menengah Terbaru | admin | 4.5