Inilah yang Terjadi Ketika Xiaomi Mi 6 Terendam Air

Sejauh ini ada dua hal yang mendasari mengapa Xiaomi melenyapkan jack audio 3,5 mm pada flagship Mi 6. Pertama karena Xiaomi membutuhkan ruang lebih agar bisa menampung baterai 3.350 mAh di dalam Mi 6. Kedua untuk mewujudkan kemampuan tahan cipratan air.

Ya, pada saat presentasi perkenalan produk di Beijing, Xiaomi menyebutkan bahwa Mi 6 adalah smartphone splash resistant atau tahan cipratan air. Tentu banyak yang bertanya-tanya, apakah ini artinya sama dengan tahan air.

Secara garis besar memang tahan air, tapi tidak seperti LG G6, iPhone 7, atau Samsung Galaxy S8. Ketiga smartphone ini memiliki sertifikat IP67 atau IP68 yang artinya bisa dibawa menyelam 30 menit sedalam 1,5 meter.

mi6waterproof

Tapi lain halnya dengan Xiaomi Mi 6 yang tidak punya sertifikat IP68. Jadi, kami ingatkan Anda jangan coba-coba membawanya menyelam atau memotret di dalam air kalau tak ingin rugi. Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah video YouTube yang dibuat oleh TechTablet.

Dalam video berdurasi sekitar enam menit tersebut, si penguji mencelupkan Mi 6 ke dalam sebuah wadah toples yang sudah dipenuhi air. Seluruh bodi Mi 6 terendam air. Sepertinya semua akan baik-baik saja karena smartphone masih bisa menyala setelah ada di dalam air selama 1 menit 40 detik.

Tapi kalau diperhatikan, ada gelembung air yang menyembul ke permukaan yang menandakan adanya tekanan udara akibat air yang masuk ke dalam bodi smartphone. Dan benar saja, setelah diangkat dan beberapa menit dikeringkan, smartphone akhirnya mati.

Si penguji mencoba menyalakan namun smartphone hanya menunjukkan logo Mi dan baterai kosong disertai air yang masih menetes. Padahal saat ia mencelupkan smartphone ke dalam air, indikator baterai masih menunjukkan angka di atas 40 persen. Akhirnya smartphone benar-benar mati dan ini menandakan kalau Xiaomi Mi 6 bukanlah smartphone tahan air yang bisa dibawa menyelam.

Inilah yang Terjadi Ketika Xiaomi Mi 6 Terendam Air | admin | 4.5