Hands-on Meizu M5 Note

Nama Meizu sudah tidak asing bagi para penggila gadget tanah air. Meizu sudah meramaikan pasar smartphone Indonesia sejak dua tahun lalu dengan kehadiran Meizu M2, M2 Note, dan M3. Dan tahun ini, Meizu kembali membawa smartphone baru bernama Meizu M5 Note.

Bodi cantik dan mahal

Entah berapa banyak smartphone berbodi metal yang ada di pasaran saat ini. Meizu M5 Note adalah salah satunya. Meski bahan metal sudah cukup mainstream, tapi kami tetap salut dengan desain bodi Meizu M5 Note yang terlihat mahal.

Cutting dan finishing pada sekujur bodinya terasa sangat presisi. Bisa disejajarkan dengan smartphone premium berbodi metal seperti HTC. Kecantikannya turut didongkrak oleh adanya garis dengan warna berbeda di pinggiran sekeliling layarnya.

Layar tajam, border tipis

Sama dengan bahan metal yang sudah mainstream, dimensi layar Meizu M5 Note pun tergolong mainstream, yakni 5,5 inci. Ya bagaimana pun, dimensi layar 5,5 inci memang terasa yang paling pas untuk kebanyakan orang.

Pada Meizu M5 Note, layar ini terlihat tajam dan cerah dengan karakter glossy. Sejak menjajal Meizu M2 dan M3 dulu, kami memang menyukai kualitas layar smartphone buatan Meizu. Padahal resolusinya masih Full HD, belum 2K. Tapi sangat nyaman dipandang. Apalagi border hitam di dalamnya sangat tipis, tidak membuatnya terlihat murahan.

Hardware efektif

Meizu selama ini identik dengan chipset Exynos dan MediaTek. Chipset Exynos digunakan pada seri flagship, sementara MediaTek untuk smartphone kelas menengah dan entry-level. Dan Meizu M5 Note adalah salah satu yang menggunakan chipset MediaTek.

CPU yang digunakan adalah Helio P10 yang dipasangkan dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB. Pemilihan CPU Helio P10 sendiri cukup tepat, ketimbang harus menggunakan Helio X10 misalnya. Pasalnya Helio P10 memiliki performa dan konsumsi daya yang berimbang. Tidak seperti Helio X10 yang kencang, tapi sangat boros daya dan cepat panas.

Kombinasi hardware yang dibawanya ini bisa diandalkan untuk bermain game kelas menengah, seperti Asphalt 8, Clash Royale, atau FIFA terbaru dengan frame per second mencukupi. Sementara untuk media sosial, hardware-nya sudah sangat mencukupi.

Satu hal lain yang terasa menguntungkan adalah disematkannya baterai berkapasitas 4.000 mAh dalam bodinya yang ramping. Baterai ini juga ditunjang fitur fast charging dengan charger berdaya 2 ampere.

Kamera cukup, harga terjangkau

Selain layar yang tajam, satu hal lain yang kami suka dari smartphone buatan Meizu adalah kamera. Tentu saja kamera M5 Note tidak termasuk yang superior, tapi terasa memuaskan untuk sebuah smartphone Rp2 jutaan.

Kamera utamanya beresolusi 13 MP, sedangkan di depan ada kamera 5 MP. Seperti biasanya, kamera utamanya terasa sangat responsif. Tidak lag saat membidik objek di area minim cahaya. Shutter speed-nya pun memuaskan, tidak lemot.

Jika penasaran dengan hasil jepretan kameranya dan juga performanya, kami akan membahasnya lebih detail minggu depan melalui ulasan review-nya. Oh ya sekadar informasi, smartphone ini sudah tersedia resmi di Indonesia, mendukung jaringan 4G operator lokal, dan dibanderol Rp2,8 juta.

Hands-on Meizu M5 Note | admin | 4.5