Beberapa Hal Ini Bikin Meizu M5 Note Mirip Beauty and the Beast

Eksistensi smartphone Cina saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bicara smartphone asal Cina, nama Huawei, Xiaomi, OPPO, Vivo, atau Meizu pasti terlintas di pikiran kita. Nama terakhir, yakni Meizu, bahkan sedang serius menggarap pasar Indonesia.

Meizu sendiri bukanlah perusahaan kemarin sore. Meizu sudah didirikan sejak tahun 2003 dan awalnya adalah produsen elektronik, seperti MP3 atau MP4 player. Barulah pada tahun 2008 Meizu fokus menggarap pasar smartphone.

Kami sendiri sempat menjajal tiga smartphone entry-level Meizu yang dijual di Indonesia setahun yang lalu. Ketiga perangkat tersebut adalah Meizu M2, M2 Note, dan M3. Dan kini Meizu kembali menawarkan lini smartphone entry-level-nya melalui Meizu M5 dan Meizu M5 Note.

Meizu M5 ditujukan untuk pemula dengan banderol Rp2 juta. Sementara M5 Note menyasar segmen entry-level hingga kelas menengah dengan banderol Rp2,8 juta. Setelah sempat menjajalnya selama sebulan lebih, kami menemukan adanya kemiripan antara Meizu M5 Note dengan film Beauty and The Beast yang sedang happening belakangan ini. Apa kemiripannya?

Beauty

Harus kami akui kalau Meizu memang pandai merancang desain smartphone dengan bentuk menarik. Hal ini pun berlaku untuk smartphone terjangkau buatannya. Pada Meizu M5 Note, kecantikan terlihat dari bodinya yang berbalut bahan full metal.

Nah yang bikin terlihat cantik adalah sudut-sudut dan tepian smartphone yang dibuat dengan sangat presisi. Di tepian sisi-sisinya juga terdapat aksen garis yang makin mempercantik tampilannya. Pilihan warna yang disediakan juga cukup anggun dan tidak norak, yakni gold dan silver. Tapi sayang, varian warna grey tidak tersedia di Indonesia.

Pada bagian depan, layar 5,5 inci yang dimilikinya sudah menganut desain melengkung 2,5D. Bagian depan ini seluruhnya berwarna putih. Asyiknya, border hitam di dalam layarnya sangat tipis sehingga tidak “merusak pemandangan”.

Satu lagi yang kami sukai yakni bagian dagu yang simpel hanya memuat satu tombol fisik, yakni tombol Home. Tidak ada tombol navigasi, baik di samping tombol fisik maupun di dalam layar. Seperti yang kita tahu, tombol Home ini memiliki banyak fungsi.

Selain sebagai tombol Home, juga berfungsi sebagai sensor sidik jari dan tombol back. Fungsi tombol back ini berlaku hanya dengan menyentuhnya saja. Sementara jika menekannya baru akan berfungsi sebagai tombol Home.

The Beast

Cantik di luar, tapi cukup “buas” di dalam. Sekilas, jeroan hardware yang dibawanya masuk dalam kategori kelas menengah. Meizu M5 Note yang dijual di Indonesia datang dengan layar 5,5 inci, CPU MediaTek Helio P10 1,8 GHz, RAM 3 GB, storage 32 GB, dan baterai 4.000 mAh. Mari kita bahas satu per satu.

Ukuran layar 5,5 inci yang dimilikinya mengikuti kebanyakan dimensi layar smartphone saat ini. Layar ini sudah dibekali resolusi Full HD. Dan setiap kali melihat layar smartphone Meizu, kami selalu merasa puas karena tampilannya tajam (terutama pada teks) dan warnanya cerah.

Selanjutnya kombo CPU Helio P10, RAM 3 GB, dan storage 32 GB sebenarnya jauh dari kata sempurna. Tapi bagi kami, kombinasi ini cukup fair. CPU Helio P10 menawarkan performa berbanding konsumsi daya yang seimbang. Tidak seperti Helio X series yang terkenal cepat panas dan boros baterai.

Sementara kapasitas RAM 3 GB dan storage 32 GB sudah memenuhi standar untuk saat ini. RAM 3 GB bisa menjalankan banyak aplikasi dan browsing multitab dengan cukup nyaman. Storage 32 GB masih cukup untuk menyimpan banyak foto dan aplikasi. Tapi kalau hobi nge-game, sepertinya Anda harus meminta bantuan microSD tambahan.

Dengan bodi ramping dan hardware kelas menengah, Meizu M5 Note ditunjang baterai 4.000 mAh. Tentu saja kapasitas ini sudah lebih dari cukup dan bisa hasilkan screen-on-time sekitar lima jam. Apalagi ada fitur fast charging mCharge untuk pengisian lebih cepat.

Nah sebagai bonus, Meizu M5 Note menawarkan duet kamera 13 dan 5 MP pada penggunanya. Resolusi ini tergolong standar untuk saat ini. Tapi sejauh kami mencoba, kualitasnya jauh dari kata mengecewakan.

Setidaknya kamera utama 13 MP yang dibawanya dilengkapi mode manual dengan opsi pengaturan shutter speed dan manual focus. Fitur ini biasanya jarang ada pada smartphone Rp2 jutaan. Plus, kamera ini juga punya performa low light yang oke dan shutter speed yang cepat. Padahal biasanya kecepatan kamera smartphone Rp2 jutaan bakal keteteran saat kekurangan cahaya.

Yap, itulah beberapa hal yang kami temukan pada Meizu M5 Note yang membuatnya mirip seperti film Beauty and the Beast.

Beberapa Hal Ini Bikin Meizu M5 Note Mirip Beauty and the Beast | admin | 4.5