Android O Developer Preview Resmi Dirilis, Apa Fiturnya?

Meskipun penetrasi Android Nougat belum sebanyak Android Lollipop maupun Marshmallow, namun Google baru saja meluncurkan Android O Developer Preview untuk para developer maupun penggunanya yang ingin mencoba sistem operasi ini sebelum diluncurkan secara resmi. Seperti biasanya, sebelum diluncurkan resmi maka sistem operasi akan menggunakan inisial alfabet dan belum memiliki nama yang pasti meskipun sudah banyak rumor yang mengatakan bahwa O merupakan Oreo.

Beberapa fitur yang akan hadir dalam sistem operasi ini terdiri dari Background Limits yang memiliki fungsi untuk membatasi aplikasi yang berjalan di background secara otomatis sehingga bisa menghasilkan peningkatan kinerja dan daya tahan baterai menjadi lebih irit. Sementara itu, developer aplikasi juga bisa mengembangkan aplikasi dengan baik dan tidak merusakn baterai smartphone.

Notification Channel, dimana notifikasi mengalami dan peningkatan pada Android O dan developer dapat menentuk kategori untuk konten pemberitahuan sehingga pengguna memiliki kontrol yang baik untuk berbagai jenis pemberitahuan dari setiap aplikasi yang muncul. Setiap channel notifikasi bisa diblok secara individual sehingga penggunanya akan memiliki lebih banyak pilihan daripada hanya memblokir semua pemberitahuan dari aplikasi tertentu.

Selain itu, Android O menambahkan pengelompokkan dan visual baru untuk notifikasi sehingga lebih memudahkan penggunanya untuk melihat apa yang terjadi pada notifikasi. Selain itu, Picture-in-picture (PiP) ini memungkinkan pengguna Android O dapat menonton video sambil melakukan hal lainnya. PiP juga mendukung kontrol playback dan multi-display.

Selanjutnya, Autofill API memungkinkan aplikasi manajemen password bisa digunak an untuk mengisi password secara otomatis pada setiap aplikasi yang membutuhkan password. Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang akan dibawa Android O, seperti ikon aplikasi yang bisa beradaptasi, wide-gamut color untuk aplikasi, LDAC, Wi-Fi Aware, dan lainnya.

Nantinya Developer Preview (DP) pada Android One terdiri hingga empat tahap yang terdiri dari DP1 untuk sekarang, DP2 akan hadir pertengahan hingga akhir Mei 2017, DP3 akan hadir pertengahan hingga akhir Juni 2017, dan DP4 akan hadir pertengahan hingga akhir Juli 2017. Untuk saat ini, Android O Developer Preview telah hadir untuk Google Pixel, Pixel XL, Pixel C, Nexus 5X, Nexus 6P, dan Nexus Player.

Android O Developer Preview Resmi Dirilis, Apa Fiturnya? | admin | 4.5