10 Fitur Samsung Galaxy S8 yang Tidak Dimiliki iPhone

Setelah berbulan-bulan menunggu, tepat hari Rabu (29/03) kemarin Samsung resmi merilis duo flagship Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Tak sabar rasanya untuk dapat mencicipi performa kedua smartphone tersebut.

Sesuai yang diprediksikan, Samsung Galaxy S8 dan S8+ hadir dengan desain layar memanjang, dapur pacu gahar, plus teknologi super canggih. Jujur, pertama kali melihat desain Samsung Galaxy S8, kami langsung jatuh cinta padanya. Mungkin ini yang disebut dengan cinta pada pandangan pertama.

Bicara soal Samsung pasti berkaitan dengan rival sejatinya, Apple. Lalu apakah Samsung Galaxy S8 memiliki fitur di atas iPhone 7 ? Tentu saja iya, karena ada sepuluh fitur Samsung Galaxy S8 yang tak akan pernah Anda temukan pada iPhone 7. Penasaran fitur apa saja? Berikut ulasannya.

Infinity Display

Samsung Galaxy S8 datang dengan desain unik dan lain dari pada yang lain. Samsung menyebutnya dengan istilah “Infinity Display”. Istilah ini mengacu pada desain Samsung Galaxy S8 yang memanjang, berbazel tipis dan ukuran jumbo yakni 5,8 inci dan 6 inci.

Layarnya memanjang beresolusi Quad HD + Super AMOLED, yang ketajamannya tak diragukan lagi. Dengan desain seperti ini, Samsung memberikan pengalaman baru bagi pengguna smartphone. Tentu saja, Anda tidak akan menemukan desain seperti ini pada iPhone yang sudah ada sejauh ini.

Layar lengkung

Layar lengkung bukanlah suatu hal yang baru bagi Samsung, karena sebelumnya mereka sudah menyematkan fitur ini pada Samsung Galaxy S7 Edge. Dan kini walau ukurannya jumbo dan lebih panjang, Samsung kembali mendadani Samsung Galaxy S8 dan S8 + dengan layar melengkung.

Tak hanya menambah kesan kemewahan, layar lengkung ini membuat Samsung Galaxy S8 terasa nyaman digunakan dengan satu tangan saja. Lalu, bagaimana dengan iPhone? Sudah jelas Anda tidak akan menemukan layar lengkung pada semua seri iPhone termasuk iPhone 7. Bahkan, iPhone 7 Plus kurang nyaman digunakan dengan satu tangan saja.

Desktop experience

Samsung Galaxy S8 dan S8+ juga dibekali dengan fitur bernama Samsung Dex Station yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan Samsung Galaxy S8 dengan perangkat eksternal seperti monitor, keyboard ataupun mouse.

Beberapa aplikasi penting seperti Microsoft Office dan Adobe Photoshop dapat dioperasikan melalui Samsung DeX. Lagi lagi Anda tidak akan mendapatkan fitur ini pada smartphone berlogo Apple.

Iris scanner

Mungkin iPhone menjadi smartphone pertama yang menghadirkan sensor keamanan sidik jari. Namun kini Samsung membuktikan bahwa teknologi milik mereka selangkah lebih maju dari pada iPhone.

Pasalnya, Samsung Galaxy S8 datang dengan sensor pemindai iris mata dengan tingkat akurasi super tinggi. Sebenarnya fitur ini sudah tersedia pada Samsung Galaxy Note 7. Tetapi karena kejadian nahas yang menimpanya, namanya hanya dikenal sebagai smartphone yang mudah meledak.

Pengenal wajah

Tak hanya iris mata, Samsung Galaxy S8 juga menyediakan opsi keamanan terbaru yakni pengenal wajah. Menurut informasi yang kami dapat, fitur ini bekerja dengan akurat dan cepat. Sayangnya fitur keamanan ini dikhususkan hanya untuk membuka layar kunci saja. Dalam penggunaannya, fitur ini jauh lebih mudah dan terbilang aman, kecuali jika Anda memiliki saudara kembar.

Bixby

Bagi Anda yang belum tahu, Bixby adalah Asisten suara terbaru buatan Samsung. Fitur ini diklaim jauh lebih canggih daripada Google Asistant. Salah satu bukti kecanggihan Bixby adalah kemampuannya menjelaskan informasi dari objek yang ditangkap kamera smartphone.

Hal ini bisa terjadi karena program Image Search yang mencari informasi berdasarkan gambar yang diambil oleh kamera dan masih banyak fitur canggih lainnya. Google Assistant maupun Siri sejauh ini belum memiliki fitur Image Search ini.

Prosesor 10nm

iPhone sempat memimpin dengan prosesor terbaru mereka, namun Samsung memberikan pukulan keras kepada iPhone melalaui Samsung Galaxy S8 da S8+. Karena kedua ponsel ini flagship Samsung ini menggunakan prosesor terbaru yakni Snapdragon 835 dan Exynos 8895 dengan ukuran hanya 10nm saja. Dengan ukuran prosesor yang kecil, Samsung Galaxy S8 lebih tipis, namun performanya tetap kencang.

Wireless charging

Hingga saat iPhone belum menyediakan fitur wireless charging pada setiap seri smartphone-nya. Padahal jika dipikir-pikir fitur ini lebih praktis dan mudah ketimbang menggunakan kabel USB. Sama seperti Samsung Galaxy S7, Samsung juga menyematkan fitur wireless charging pada Samsung Galaxy S8 dan S8+.

Fast charging

Mungkin ini bukanlah hal baru bagi Anda pengguna Android. Lantaran hampir semua smartphone Android keluaran terbaru menggunakan teknologi ini. Begitupun dengan Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang dibelaki fitur fast charging teknologi terbaru. Sedangkan iPhone, Anda harus menggunakan adaptor khusus agar pengisian menjadi lebih cepat.

Bluetooth 5.0

Samsung Galaxy S8 dan S8+ menjadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi Bluetooth terbaru ini. Untuk diketahui, Bluetooth 5.0 dua kali lebih cepat dari Bluetooth 4.2 dan mampu menjangkau jarak yang lebih jauh pula hingga 240 meter. Jika Anda sering menggunakan aksesori seperti headset Bluetooth, kini Anda bisa mendengarkan lagu dari jarak jauh.

10 Fitur Samsung Galaxy S8 yang Tidak Dimiliki iPhone | admin | 4.5